[yuTALK] Serunya Ikutan Purbasari Influencer Academy 2018 BALI

Hai hai heloowwww...
Kayanya aku lagi excited banget nulis blog kali ini, karena akhirnya ada hal lain yang bisa dibahas selain review produk huhu... aku terhura T^T.


Kalau temen-temen follow aku di instagram dan mantengin juga salah satu sosmed favoritku itu, pastinya tahu bahwa di tanggal 24 November kemarin aku dan temen-temen dari komunitas Bali Beauty Blogger diundang ke acara PIA 2018 alias Purbasari Influencer Academy 2018. Acara ini hadir ke 7 kota besar di Indonesia, kota pertama diadakannya event PIA 2018 tentunya ialah kota metropolitan terbesar di Indonesia yaitu Jakarta dan kota k-7 alias kota terakhir di Denpasar-Bali.

Selama aku ngeblog dari tahun 2015, ini merupakan event perbeautyan pertama yang aku ikutian join. Banyak hal yang bikin aku nggak sabaran nungguin tanggal 24, ada perasaan seneng tapi juga ragu-ragu buat milih antara jadi dateng atau nggak. Kenapa? Seperti yg aku bilang tadi ini adalah event pertama yang aku ikutin semenjak gabung ke komunitas BBB (Bali Beauty Blogger) dan aku sama sekali nggak punya temen deket yang hobinya nge-Blog sama seperti aku. Jadi aku merasa dengan mengikuti event ini aku memasuki planet yang lingkungan dan suasannya aku nggak tau sama sekali.

Banyak hal yang bikin aku kepikiran (biasa melankolisers kebanyakan mikir ;')) mulai dari pakaiannya harus kayak gimana, makeupnya harus kek apa, sikap pertama yang aku tunjukin harus seperti apa, kata-kata yang biasa aku pake ke temen deket aku apa bisa aku pake ke peserta lain di event tersebut? Banyak banget lahh pikiran-pikiran negatif yg sebenarnya nggak penting banget dipikirin.  Gara-gara pemikiran tersebut, sedari kemarinnya aku sudah men-setting diri aku ke mode ja-im :'| . Karena di mindset aku komunitas beauty enthusiast pasti isinya orang-orang yang anggun, teliti, jaga image, nggak berisik, de el el, sifat-sifat yang menurutku "sedikit" (maaf) membosankan dan tak leluasa.

Dan apa fakta yang aku dapat setelah dateng kesana?



1. Aku menyesal menggunakan pakaian alakadarnya yang super polos kemeja putih, dan celana jeans serta wedges yang tingginya cuma 5 cm, karena fakta yang aku lihat disana, semua peserta from head to toe super kece-kece banget, lahh aku kek upik abu disana T^T
2. Aku menyesal makeupan super polos, cuma pake eyeliner dan alis buat riasan mata, bahkan aku nggak pakai blush on T^T. Laaahhh member BBB yang lain mereka makeupnya cakep-cakep, eyeshadow, softlens, bulu mata, blus on, aku kan juga mau pakenya (inilahh akibat di set ke mode jaim nan polos)
3. Dan ini yang paling aku sesali, sampe-sampe bikin sakit kepala selama event, aku mentitahkah supaya sifatku yang nggak ada beauty-beautynya itu nggak keluar sama sekali, faktanya semua orang yang ada di foto, kelakuannya bikin ngakak, pada koplak dan seru banget pas diajak ngobrol T^T mereka semua memangkas mindset aku tentang kelakuan asli beauty blogger/vlogger.

"Oke ta, ini event pertama, untuk event kedua dan seterusnya jangan kayak gini lagi, bikin pusing dan minder sumpahhh" aku cuma bisa ngomong kyk gini buat diriku sendiri :')

Selain aku bisa bertemu dan berkenalan dengan beauty enthusiast lain, banyak hal yang bikin aku excited banget dateng ke event PIA Bali. Aku bisa belajar banyak tentang hal-hal yang berkaitan dengan influencer, ada 3 materi penting yang disampaikan pada event tersebut, dan masing-masing materi akan dibawakan oleh mereka yang sudah ahli dibidangnya. 3 materi tersebut antara lain :

1. Writing and Branding Class oleh Enyablanco
2. Photography Class oleh Rommy Kurniawan
3. Beauty Class oleh Cok Mirah

Wait.. sebelumnya kalian udah pada tahu arti dari "influencer"? . Influencer bisa diartikan sebagai seseorang yang mampu merubah atau mempengaruhi sudut pandang banyak orang akan suatu hal, agar sesuai dengan sudut pandang yang ia miliki.  Nahh.. influencer yang punya pengaruh besar inilah yang sering kali dilirik oleh brand tertentu untuk diajak bekerja sama dalam memasarkan produk-produk dari brand tsb.

Yapp.. sudah paham yaa, apa itu influencer. Aku lanjut cerita ke keseruan event PIA 2018 di Bali.

Pertama kali sampai di lokasi PIA, aku diarahkan untuk registrasi terlebih dahulu. Pas di depan meja registrasi dengan o'onnya aku nanya "harus beli produk purbasari dulu ya" trus masnya jawab "oh belum beli ya, silakan beli dulu kak" sambil nunjukin meja yang ada disebelahnya. Aku langsung ke meja sebelah dong.. kebetulan dari rumah aku memang sudah berpikir buat beli lip cream purbasari 02 Azalea disana, makanya tanpa liat-liatin produk yang lain aku bilang "kak, aku nyari lip cream yg 02 Azalea.nya", mbaknya jawab "itu aja? Nggak sekalian cari yg 1 set bla bla bla bla~ kalo lip creamnya aja 55rb kalo beli yg lg promo bla bla bla~" something like that :-D. Mempertimbangkan harga promonya yang menurutku lumayan, akhirnya aku beli yang paketan wkwk.


Dengan harga 60rb aja aku mendapatkan 2 produk ini, 1 pcs Purbasari Hi Matte Lip Cream dan 1 pcs Purbasari Oil Control Matte Powder.

Udah beli, aku balik lagi dong ke meja registrasi. Masnya bilang "silakan tulis nama" aku bales
"aku dari bali beauty blogger"
"Ohh..(sambil nyari lembaran registrasi) harusnya nggak perlu beli tadi, liatin aja e-tiketnya"
"Masnya nggak ngomong"- aku sahut gitu kan. Masnya cuma senyum-senyum, akunya juga salting dahh jadinya :-D.
Oh ya.. untuk bisa hadir ke acara ini, kamu nggak harus bayar mahal kok, cukup dengan memiliki minimal 1000 followers instagram dan membeli 1 produk purbasari saat event, kamu bisa masuk sebagai peserta, jadi nggak ada yang namanya seleksi-seleksi aneh gitu.

Setelah registrasi aku ditawarin buat fotoan di photo booth, cuma karena tadi pas tanda tangan di meja registrasi aku ngeliat salah satu anggota BBB yg lewat dibelakangku yaitu kak Vina, aku langsung ngikutin kak Vina dari belakang, jalan ke arah Coffee Break. Nahhh disanalah aku kenalan sama temen-temen baru dari komunitas BBB dan mengetahui kelakuan asli mereka yg aku bilang tadi diatas :-|.

Bla bla bla bla bla~

Sampailah di tujuan diadakannya PIA2018. Belajar tips-tips menjadi influencer dijalan yang baik dan benar :')

SESI 1 Writing and Branding Class




Enyablanco ini adalah salah satu influencer kelahiran 1997 yang sukses dengan karirnya di instagram, bahkan saat ini sudah memiliki bisnis di bidang dessert @cloudcakes. Usia yang masih tergolong sangat muda sebagai seorang pemilik usaha, tapi kalau kita bicara jaman millenial sudah tidak sedikit pula anak-anak muda yang sukses berkat memanfaatkan sosial media. Dan perlu kalian ketahui Enyablanco ini masih aktif sebagai Mahasiswi kedokteran Universitas Udayana semester 7. Wiiihhh...pas denger ini aku langsung super kagum, udah cantik, pintar, sukses pula, patut dijadikan panutan.
Aku belajar banyak banget dari materi yang dia sampakan, sangat bermanfaat buat pemula yang mau jadi influencer dan bikin kita ngeh salah kita dimana ketika bikin konten, kenapa follower instagram susah naik, cara bikin orang-orang yang melihat konten kita bisa jadi follower kita, sampai attitude ketika membalas hate comment pun juga dibahas, dan banyak tips-tips lain yang sangat amat berguna.
Setiap materi berakhir,langsung dibuka dengan sesi tanya jawab, dan di sesi ini hanya diperkenankan 3 peserta yang mengajukan pertanyaan, dan setiap peserta yang aktif bertanya akan diberi hadiah, duhhh enak banget kan, udah masuknya free, bisa dgn mudah dapetin hadiah-hadiah menarik pula <3

SESI 2 Photography Class



Tanpa break, kita langsung lanjut ke materi kedua yang nggak kalah penting. Temen-temen bisa ngebayangin nggak? Influencer tanpa foto? Jadi tiap post cuma background hitam/putih terus isinya hanya caption yg panjang, bahkan sampai berlanjut dikolom komentar. Menarik nggak menurut kalian? Unik sihh iya, tapi peminatnya menurutku nggak bakalan banyak. Maka dari itu influencer nggak jauh-jauh dari membuat foto yang menarik. Nahh pada part ini aku banyak banget belajar tentang pengaturan kamera seperti ISO, Aperture, Shutter Speed, pencahayaan, dll.. aku juga belum terlalu paham karena memang belum punya kamera khusus buat blogging. Jadi selama ini foto-foto diblog aku, aku ambil pake kamera Hp yang aku punya, kalo dilihat dari tahun, berarti Hp aku yang pernah nyumbang foto di blog ini Mito A18 dan Oppo F1S. Dan beruntung banget selain pesrta diajari cara menghasilkan foto yang bagus dengan kamera Mirrorless atau DSLR, kak Romy kasih tips juga untuk foto menggunakan kamera HP. So nggak usah sedih nggak bisa jadi influencer karena nggak punya kamera bagus, modal Hp aja dulu, kalau sudah lebih banyak peminat/followers dan uang yang terkumpul sudah cukup buat beli camera baru, silakan di upgrade, supaya bisa menghasilkan konten yang lebih mumpuni^^.
kalo nggak salah sesi ini dibuka dengan 6 pertanyaan, banyak banget lhoo peserta yang mau bertanya, kalo diijinin semua bisa-bisa eventnya baru selesai setelah 24 jam wkwk.

Tidak hanya event PIABali, setiap event pembelajaran lain pun pasti ada sesi coffee break/isoma (istirahat, sholat, makan). Salah satu cara merilekskan otak peserta agar mampu menerima materi berikutnya. Aku pernah baca di sebuah buku, kalau otak manusia akan mencerna materi dengan seksama pada 20 menit awal presentasi, selanjutnya ucapan yang keluar  tidak akan maksimal terserap oleh otak. Pantas saja banyak banget buku-buku motivator yang dipendahuluannya sering kali terdapat tulisan "saya menyarankan anda membaca buku ini hanya 15 menit dalam sehari-hari". (ngapain bahas ini cobak -__-)

SESI 3 Beauty Class



Ini dia sesi yang aku tunggu2, sesi nambah-nambah ilmu permakeup.an. Dan aku terpesona sama speaker yang isi materi ini kak Cok Mirah, cakep dan bening banget euyy, itu kulitnya kayak nggak ada pori-pori, pengen neriakin "bagi cantiknya dong kaka" tapi aku lagi mode jaim ;') wkwkwk.
Nggak perlu ditanya lagi disesi ini kita belajar makeup.in wajah sendiri dengan rangkaian produk Purbasari yang sudah dipersiapkan diatas meja, lengkap dengan produk pembersihnya, jadi nggak usah panik cari kapas/tisu/cleanser, dll karena semuanya sudah dipersiapkan matang-matang sama Panitia PIA. Kurang apa lagi cobak? , eiitttsss.. tapi dengan catatan produk purbasari yang ada diatas meja tidak boleh dibawa pulang.



Btw sebagian produk purbasari yang diatas meja udah pernah aku coba, salah satunya Purbasari brightening cool BBcream, dan sudah pernah aku review juga di blog ini. Buat kalian yang mau baca reviewnya bisa klik disini.
Tema makeup yang dishare sama kak Cok Mirah adalah daily makeup, makeup yang super simple bisa dipake kemana aja no menor menor :), dan nggak bikin dosen marah katanya wkwk. Dan sesi ini adalah sesi yang paling banyak menarik minat peserta buat bertanya, maka dari itu banyak tips-tips makeup juga yang aku dapat. Mana setiap jawab pertanyaan kak Cok Mirah senyum terus pula, ramah banget orangnya ^^. Jadi asik banget belajar di sesi ini.

hasil makeup ku <3

Berakhir dengan semua materi PIA, lanjut ke part yang paling dinanti dan mungkin sesi yang bikin deg-degan juga, yaitu hadiah buat peserta yg menjadi Best Writing, Best Photo, Best Dress dan Best Makeup. Team Bali Beauty Blogger menang 2 kategori lhoo Best Writing dan Best Makeup yeeeyyy.. ntah kenapa.aku jadi nambah pede, pdahal nggak menangin apa2 wkwk >.<

Setelah bagi2 hadiah terus apa? Pulang lahh, eventnya uda selesai, kecewa nggak sihh karena nggak menang apa-apa? aku personal sihh nggak, karena banyak banget dapet pengalaman baru di event PIA 2018. Pas kita mau pulang pun, di pintu keluar sudah bersiap panita yang akan membagikan goodie bag untuk semua peserta tanpa terkecuali, so.. nggak perlu sedih yang tadi nggak dapet hadiah, bisa dapet goodie bag yg berisi 1 sertifikat keikutsertaan dan 3 macam produk purbasari ;').


Aku jadi semakin bingung, ini mereka "Purbasari" dapet keuntungan dari mana yaa? Karena hadiah-hadiah sebelumnya pun nggak yang ecek-ecek cuma 1 atau 2 produk, tapi isinya banyaakk, bahkan ada ringlight dan Mirrorless Sony a5100 lhoo. Adakah yang bisa jelasin ke aku? #kepomaksimal. Atau mungkin mereka memang sedang menerapkan konsep Giving is Rich ? Ntahlahh, intinya PIA Bali keren abis, dan aku bisa pastiin, aku pasti sangat amat menyesal kalau sebelumnya memutuskan buat nggak dateng.




Oh yaa.. selain dapet goodie bag aku juga dapet package kedua yang isinya 6 shade lip cream Purbasari <3. Shade keluaran pertamanya sudah pernah aku review juga dan sampai sekarang si 02 Azalea masih tetap jadi warna terfavorit aku, kalau ada client yang request warna bibir nude, aku pasti pake yg 02 Azalea, udah habis botol ketiga kalau nggak salah, karena pas PIA aku beli lagi, jadi itu botol ke 4 dan dapat pula di goodie bagnya shade yg sama, terhitung botol kelima wkwkwk. Karena produk lip cream ini sudah pernah aku review di blog, jadi aku bakalan kasi swatch dan mini reviewnya nanti di akun instagramku.

Intinya perasaan campur aduk pas baru dateng karena sama sekali nggak kenal siapa-siapa, terus jadi lega banget karena semua orang yang aku temui asik diajak ngobrol, termasuk panitia PIA yg sudah bekerja keras menyukseskan PIA Bali^^. Hope sihh, tahun depan bisa ada lagi, dan makin banyak menghasilkan influencer-influencer yang berbobot :)

Thats its ladies.., itu dia pengalaman aku pertama kali kenalan sama temen-temen se-hobi dari komunitas Bali Beauty Blogger  dan asiknya ikutan event Purbasari Influencer Academy 2018 di Bali. Saran aku, kalau tahun depan acara ini singgah ke kota kalian, kalian semua harus kudu banget manfaatin event ini, jujur aku bilang event ini bikin peserta menang banyak, aku berani jamin kalian nggak akan ada ruginya kalau datang ke PIA ^^ .
Akhir kata, See Yaa Ladiess~


Maaf yaa panjang bet wkkwkwk


Love




Yuta

You Might Also Like

21 Comments

  1. seruuu acaranyaaaa. . sayang pas di jakarta aku ga bisa ikutan. .hihi. .sukses selalu buat kita ya beb. .aamiin

    ReplyDelete
  2. Ah seru banget acaranya! Gak cuma gathering doang ya tapi juga dapet ilmu dan having fun sama temen-temen beauty blogger lainnya.

    ReplyDelete
  3. Banyak bangeeet hadiahnya dan look at all those lipsticks mba! I haven’t really tried it but I will definitely do! Have fun with all those beauty bloggers ♥️

    ReplyDelete
  4. Parah sih seru banget, kmren aku juga ikut event Purbasari yg di Jogja, dan senang banget bisa ketemu pada temen temen beauty enthusiast lainnya

    ReplyDelete
  5. Kalau PD aja pasti meskipun cuma pakai celana jeans nggak kelihatan gembel kok

    ReplyDelete
  6. Seru banget acaranya jadi ga sabar aku pengen datsng ke event-event model begini, mana diajarin macam-macam ya di eventnya. Semoga nanti dj Banjarmasin lebih sering ada event-event begini.

    ReplyDelete
  7. cayanggg cobak fotonya di set extra large biar lebih cakep, welcome to BBB yaa

    ReplyDelete
  8. seru banget ya cara purbasari, aku juga ikutan waktu di Bandung..
    dan acaranya seru banget ya

    ReplyDelete
  9. Seru banget sih ini acaranya😍 aku pengen banget ikutan tapi sayangnya di kota ku ga ada nih eventnya hmm

    ReplyDelete
  10. Waah seru banget nih acaranya, memang bener kalau datangke event beauty tuh, pasti cakep-cakep banget yang datang, suka takjub sama mereka yang oke banget make up-nya

    ReplyDelete
  11. aq ikut event beuaty blogger pertama juga tahun 2015, n emang awalnya minder liat beauty blogger lain pada kece2 hihihi

    ReplyDelete
  12. Semangat bebh, semoga ini bukan untuk yang pertana dan terakhr kalinya ya, karena menghadiri beauty event tuh seru banget ketemu sama beauty blogger lainnya. Cmiiw

    ReplyDelete
  13. Seru banget acaranya, ada Photography class juga, gemesh banget liatnya, apalagi purbasari udah terkenal sebagai brand lokal yang oke

    ReplyDelete
  14. Aku gak sempet dateng yang di bdg kmrin. Huhuhhhu sad. Padahal banyak banget ilmu yang bisa di dapat.

    ReplyDelete
  15. Masih ada ya ini? Aku kira rabgkaian acaranya udh selesai doong. Aku udh ketinggalan jauh bgt sih jni

    ReplyDelete
  16. Seru yah.. dapet pengalaman dan kenalan baru. Di kotaku kayaknya belum ada deh, masih minim banget acara2 yang datengin influencer begini.. huhu

    ReplyDelete
  17. Seru banget ya acaranya, bisa keteemu dengan temen2 blogger lainnya dan sharing macem2.. sayang banget nih aku ga ikutan pas yang di jakarta :')

    ReplyDelete
  18. acaranya lengkap banget ya Ada banyak pelajaran yang bisa diambil di sini ada kelas branding, fotografi sampai makeup class juga ada

    ReplyDelete
  19. seru banget bh acaranya. lengkap dari yang belajar sampe main plus nambah temen. sedih deh aku ketinggalan info yang di jakarta😭

    ReplyDelete
  20. Aku ikutan yg awal2 pas dijakarta .. Seru abis, banyak manfaat dan ilmu juga. Cuma menurutku pesertanya kbanyakan hehe

    ReplyDelete